
BANDUNG, UNIKOM – Di usia perak ke-25 tahun, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) secara resmi meluncurkan logo baru sebagai bagian dari strategi rebranding menuju Digital Entrepreneurial University, menegaskan komitmennya untuk terus bertransformasi menghadapi era digital dan persaingan global. Tepat pada pelaksanaan sidang tebuka senat penerimaan mahasiswa baru dan Dies natalis UNIKOM ke-25 yang di gelar pada Sabtu, 27 September 2025, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Rektor UNIKOM sekaligus Ketua APTISI Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., resmi mengumumkan logo UNIKOM terbaru.
Logo baru UNIKOM sarat dengan makna filosofis yang merepresentasikan arah transformasi universitas menuju Digital Entrepreneurial University. Bingkai segi lima yang membingkai logo menjadi simbol bahwa UNIKOM senantiasa berlandaskan pada falsafah negara, yakni Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Di bagian bawah, terdapat buku terbuka yang melambangkan pengetahuan, pembelajaran sepanjang hayat, serta fondasi akademik yang kokoh. Pada bagian tengah logo, tergambar sirkuit digital yang mencerminkan transformasi teknologi, konektivitas global, dan semangat digitalisasi yang terus diusung UNIKOM. Elemen bola dunia menegaskan komitmen universitas dalam membangun kolaborasi internasional dan memberikan akses tanpa batas melalui pembelajaran daring maupun luring.
Lebih jauh, figur manusia berlari dengan gerakan tubuh condong ke depan melambangkan semangat pantang menyerah, kerja keras, serta keberanian untuk terus bergerak maju menghadapi tantangan global. Gerakan tersebut diperkuat dengan panah merah yang mengarah ke atas sebagai simbol pertumbuhan, peningkatan, dan kemajuan bisnis, serta tekad dan keberanian dalam mengambil keputusan di tengah risiko. Bulatan berwarna biru di baliknya menjadi representasi kepercayaan, profesionalisme, serta keyakinan pada nilai ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sementara itu, penggunaan warna kuning atau emas merefleksikan energi yang kuat, optimisme, kreativitas, dan inovasi yang tiada henti terus berkembang, sedangkan warna putih menjadi simbol kesederhanaan, keterbukaan, serta kemurnian dalam proses akademik.
Rebranding logo tersebut bukan hanya sekadar pembaruan identitas visual, tetapi juga penegasan arah strategis UNIKOM untuk menjadi universitas berkelas dunia yang unggul dalam pendidikan digital, kewirausahaan, dan inovasi teknologi. Dengan semangat “Muda, Unggul, Prestasi Dunia, World Class”, UNIKOM meneguhkan diri sebagai kampus yang siap mencetak lulusan berdaya saing global dan berkomitmen untuk terus menghadirkan pendidikan tinggi yang relevan, berkualitas, serta berdampak bagi masyarakat global.